11/03/16

Cloud Computing dengan Windows Azure








Tahu Cloud Computing? Pusing milih aplikasi yang cocok buat bisnis teman-teman? Berarti postingan kali ini wajib anda baca !

Di postingan ini saya akan membahas tentang salah satu produk keluaran Microsoft yaitu Microsoft Azure. Microsoft Azure merupakan sistem operasi berbasis Cloud Computing. Dimana data disimpan pada media penyimpanan cloud yang disediakan oleh Microsoft. Jadi data kita tidak lagi disimpan di Harddisk atau media penyimpanan storage lainnya. Dan tentunya, sistem operasi ini didukung oleh framework khusus yaitu Azure Services Platform.



Sistem operasi Windows Azure ada untuk mengatasi masalah bisnis umum atau masalah IT yang umum. Misalkan anda adalah seorang pebisnis atau developer yang disuguhkan layanan dari Microsoft Azure ,katakanlah itu sebuah situs E-Commerce dimana anda menjual widget atau buku. Rata-rata web yang kita temui sekarang, aplikasi akan membutuhkan web server yang akan menjadi tuan rumah. Ini akan membutuhkan tempat untuk menyimpan data. Kita akan membutuhkan cara untuk memaksimalkan aplikasi meningkatkan kinerja.

Contoh, jika saya ingin menambahkan sebuah blog namun blog tersebut bukan bagian dari aplikasi yang saya bangun. Saya tidak perlu membangun bagian blog itu sendiri.Saya hanya harus mampu memetakan sub-domain untuk blog Wordpress, sebuah blog Jumo atau beberapa alat open source lain yang bisa saya dapatkan secara gratis.

Saya mungkin ingin sebuah konten yang dapat memastikan bahwa aset seperti gambar tersedia di seluruh dunia secepat seseorang yang meminta mereka. Saya pasti membutuhkan cadangan dan strategi pemulihan jika ada permasalahan seperti itu. Saya akan membutuhkan strategi scaling, cara untuk menangani lalu lintas musiman, lalu lintas berat atau tak terduga, lonjakan lalu lintas tanpa harus mempertahankan yang masuk dan sebagian besar belum dimanfaatkan. Dan itu semua menjadi satu set fitur yang ditawarkan oleh Microsoft Azure.

Dengan Windows Azure kita dapat secara langsung membangun aplikasi web dan langsung dapat diakses, dimana aplikasi yang kita bangun tertampung di pusat data Microsoft. Jadi kita dapat membangun aplikasi cloud secara langsung.

Jadi mudah-mudahan, Penjelasan singkat saya ini bisa membantu teman-teman lebih memahami fundamental azure.Teman-teman bisa makin mengetahui fundamental dari Azure dengan menonton video langsung dari Bob Tabor di sini. dan disini.

1 komentar:

  1. I really appreciate information shared above. It’s of great help. If someone want to learn Online (Virtual) instructor lead live training in Microsoft Azure Fundamental, kindly contact us http://www.maxmunus.com/contact
    MaxMunus Offer World Class Virtual Instructor led training on TECHNOLOGY. We have industry expert trainer. We provide Training Material and Software Support. MaxMunus has successfully conducted 100000+ trainings in India, USA, UK, Australlia, Switzerland, Qatar, Saudi Arabia, Bangladesh, Bahrain and UAE etc.
    For Demo Contact us.
    Sangita Mohanty
    MaxMunus
    E-mail: sangita@maxmunus.com
    Skype id: training_maxmunus
    Ph:(0) 9738075708 / 080 - 41103383
    http://www.maxmunus.com/

    BalasHapus