17/03/16

Fundamental Azure : Kenapa mesti gunakan Microsoft Azure ?



Dalam kesempatan ini saya akan share ke teman-teman mengenai Mengapa kita perlu menggunakan Microsoft Azure, dan sejauh mana sih pentingnya. Saya akan mencoba untuk memperkenalkan beberapa konsep dan istilah baru yang akan menjadi penting
Pada postingan sebelumnya , kita sudah belajar deploy web di microsoft Azure dengan Visual Studio.
Baca disini.



Jika Anda ingin belajar, dan benar-benar belajar Microsoft Azure maka Anda perlu paham konsep dasar atau fundamental dari Microsoft Azure.
Sebelum teman-teman membaca postingan ini, saya akan membahas sedikit basic mengenai client-server terlebih dahulu.Teman-teman harus pahami bahwa ketika web yang kita buat kliennya semakin banyak, maka beban lebih untuk sebuah sistem. Yang membuat kita membutuhkan suatu server tambahan untuk menangani beban, yang jika tidak ada akan menjadi lag atau lebih buruk.
sumber : http://docs.aws.amazon.com/

Kita harus pahami bahwa aplikasi yang dibuat, pada akhirnya akan dinilai berdasarkan 3 fitur nya :
  • Reliability atau kehandalan berarti bahwa setiap diberikan request atau fungsi dalam sistem akan, menghasilkan hasil yang diinginkan dan tidak akan menghasilkan kesalahan / bug.
  • Avaibility atau ketersediaan berarti bahwa sistem berjalan dan itu siap untuk menangani permintaan pada waktu tertentu dan itu tidak akan habis. 
  • Maintainability, Artinya bahwa apps kamu ter-maintain dengan baik. Jadi jika suatu saat terjadi kerusakan sistem, apps kamu bisa di-restore ke keadaan semula dengan mudah
Jadi merancang reliability, avaibility dan maintainable berarti bahwa Anda perlu strategi untuk memperluas sumber daya komputer yang sangat cepat pada permintaan.

Jadi solusi umum untuk ini adalah “scale up atau scale out”.
 

scale up dan scale out
Dilihat dari gambar di atas, sudah sangat jelas perbedaan dari scale up dan scale out. Di scale out kita menambah hardware atau perangkat keras yang kita punya agar sistem berjalan dengan baik. di sisi lain, scale up lebih kepada satu hardware yang ditingkatkan terus menerus kemampuannya.


Tapi dua gagasan ini tidak saling eksklusif. Ini umum untuk kedua scale up dan scale out untuk setiap sistem yang diberikan sehingga Anda membeli lebih banyak komputer, setiap komputer dengan lebih banyak memori dan prosesor yang lebih baik.

Baiklah. Dan kita harus sudah memahami pentingnya redundansi dalam suatu sistem. Dan redundansi dalam sistem perangkat lunak membutuhkan banyak forms. “Redundansi adalah kelebihan”. Yang otomatis meningkatkan pengeluaran yang besar di sisi hardware.

Berbeda dari bentuk tersebut adalah bahwa kita dapat membuat salinan dari sistem yang siap untuk mengambil alih apabila ada masalah dalam sistem utama yang menangani semua permintaan yang masuk, jadi misalnya , jika database server utama kita turun, lalu lintas dapat dialihkan ke ... sementara untuk versi database.
Routing ke salinan tersebut sering disebut failover.
Failover berarti metode untuk melindungi sistem komputer dari kegagalan, di mana peralatan siaga otomatis mengambil alih ketika sistem utama gagal.

Server, lisensi perangkat lunak, orang-orang benar-benar membuat semuanya sangat mahal untuk bisnis dan lebih jauh lagi, untuk mendapatkan itu semua akan sangat memakan waktu. Jadi di sini letak kesempatan untuk komputasi awan atau Cloud Computing, khususnya Microsoft Azure.

Jadi dengan Microsoft Azure, Anda dapat penyediaan server baru untuk menangani peningkatan beban dalam hitungan detik, dalam hitungan menit, daripada menunggu hari atau minggu untuk mendapatkan hardware baru ke dalam pusat data Anda dan mendapatkan itu semua.
Dengan menggunakan Azure, kita dapat dengan mudah membuat aplikasi yang berjalan handal dan meningkatkan dari 10 menjadi 10 ribu atau bahkan 10 juta pengguna - tanpa coding tambahan. Azure Storage memberikan peningkatan, keamanan,  penyimpanan aman dan kinerja hemat di Cloud.
Dan terbaik dari sisi perspektif bisnis, Anda tidak harus menghabiskan jutaan dolar untuk mendapatkan semua ini dan Anda tidak harus menghabiskan jutaan dolar untuk hanya mendapatkan started.

Tidak hanya Cloud Computing yang ditawarkan oleh Microsoft Azure ini, ada lebih dari 50 produk yang ditawarkan. Sebut saja Virtual Machine, App Service (Web App dan Mobile App), bisa lihat pada gambar di bawah ini :

Ayo Mulai Windows Azure sekarang
https://azure.microsoft.com/

Jadi mudah-mudahan, Penjelasan singkat saya ini bisa membantu teman-teman lebih memahami fundamental azure.Teman-teman bisa makin mengetahui fundamental dari Azure dengan menonton video langsung dari Bob Tabor di sini

Baca juga : Cloud Computing dengan Windows Azure

Tidak ada komentar:

Posting Komentar